Layanan Referensi
https://orangperpus.blogspot.com/2013/04/layanan-referensi.html
Layanan referensi adalah layanan yang berkaitan dengan bantuan pustakawan secara proaktif kepada pemustaka dalam mencari informasi yang dibutuhkan baik secara langsung maupun tidak langsung.
Layanan referensi lebih dititikberatkan pada pelayanan individu agar para pemustaka mampu mendayagunakan sumber-sumber informasi referensi secara mandiri.
2 Kelompok Layanan Referensi
Katz (1969) Layanan referensi dapat dikelompokkan dalam 2 kategori menurut fungsinya, yaitu sebagai berikut:
- Layanan referensi atau informasi (fungsi informasi).
- Instruksi formal dan informal mengenai penggunaan perpustakaan dan sumber-sumbernya (fungsi instruksi).
KEGIATAN LAYANAN REFERENSI
LAYANAN TIDAK LANGSUNG
- Pembinaan penyelesian buku-buku sumber (referensi)
- Pengorganisasian dan pemeliharaan buku-buku sumber referensi
- Penyusunan file-file khusus, indeks, bibliografi, dan abstrak
- Pembuatan petunjuk mengenai cara penggunaan sarana penelusuran dan daftar-daftar bahan pustaka
- Membina kerja sama dengan perpustakaan lain terkait layanan informasi atau interlibrary loan
LAYANAN LANGSUNG
- Menjawab pertanyaan-[ertanyaan referensi yang diajukan pemustaka
- Membimbing pemustaka dalam memanfaatkan koleksi erpustakaan secara efisien dan sistematis
- Memberikan pelayanan informasi atau information service
- Melakukan penelusuran literature sesuai permintaan pemustaka
- Memberikan pelayanan fotokopi, CD-ROM dan fasilitas lain yang tersedia di perpustakaan
JENIS-JENIS KOLEKSI REFERENSI
- Kamus
- Ensiklopedi
- Sumber Biografi
- Bibliografi
- Indeks
- Abstrak
- Buku Pegangan (handbook)
- Buku Pedoman (manual)
- Buku panduan (guidebook)
- Direktori
- Buku Tahunan/ Yearbook/ Annual
- Sumber informasi geografis (atlas atau gazeter)